Minggu, 22 Januari 2012

Spider Monkey








Type : Mammal

Diet : Omnivore
Average life span in the wild : 22 years
Size : 14 to 26 in (35 to 66 cm)
Weight : 13.25 lbs (6 kg)
Group name :Troop

Monyet laba-laba, seperti yang satu ini masih muda. Ditemukan di Bolivia Madidi Taman Nasional, tergantung pada ibu mereka selama sekitar sepuluh minggu setelah kelahiran.



Spider Monkey atau Monyet laba-laba (dari beberapa spesies) hidup di hutan hujan tropis Tengah dan Amerika Selatan sampai utara Meksiko. Lengannya kurus dan (mencengkeram) dapat memegang ekor yang memungkinkan mereka untuk bergerak anggun dari cabang ke cabang dan dari pohon ke pohon. Monyet ini lincah dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan bergelantungan dan mempertahankan pegangan yang kuat pada cabang-cabang meskipun mereka tidak memiliki jempol.

Merupakan primata baru di dunia. Hidup secara sosial dan berkumpul dalam kelompok-kelompok hingga dua atau tiga lusin hewan. Pada malam hari kelompok hewan ini mempunyai tugas masing-masing, ada yang tidur, dan lainnya mencari makan. Monyet laba-laba menemukan makanan di atas pohon seperti kacang-kacangan, buah-buahan, daun, telur burung, dan laba-laba. Mereka dapat menjadi hewan yang berisik dan sering berkomunikasi dengan banyak panggilan, pekikan, menggonggong, dan suara lainnya.

Biasanya, betina hanya melahirkan satu bayi setiap dua sampai lima tahun. Monyet muda tergantung sepenuhnya pada ibu mereka selama sekitar sepuluh minggu, tapi setelah waktu itu mereka mulai mengeksplorasi dan bermain di antara kawanan mereka sendiri. Ibu terus merawat anak-anak mereka untuk tahun pertama kehidupan mereka, dan bergerak dengan menggendong bayinya di punggung mereka.

Masyarakat adat sering berburu monyet laba-laba untuk makanan, dan hewan ini terganggu oleh kontak manusia. Logging dan deforestasi terus menyusutkan ruang bagi tempat tinggal monyet laba-laba ini.








Photograph by Joel Sartore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar