Rabu, 02 November 2011

Green Tree Phyton (Chondro)


     Chondro atau Green Tree Phyton adalah ular arboreal yang berarti hidup di pohon, mereka jarang turun ke tanah. Asupan airnya dari tetesan hujan atau embun pada daun. Chondro bisa mencapai hingga sekitar 6 kaki panjangnya dengan ketebalan 3 inci. Mereka merupakan spesies ular yang ramping dan ideal. Kebiasaan mereka adalah menggantung dari ketika mencari makanan. Beberapa jenis Chondro ada yang bersifat temperamental, khususnya lokalitas Biak.
    Seperti namanya Green Tree Python yakni berwarna hijau. Tetapi ada yang unik dengan ular yang satu ini dalam fase hidupnya. Chondro bayi ketika menetas dari telur mereka biasanya berwarna merah kuning atau kecoklatan tergantung dari lokalitas dan berubah menjadi hijau ketika usia mereka bertambah, perubahan warna dapat menjadi dramatis biasanya perubahan fase warna dalam kurun satu tahun.

Chondro berdasarkan lokalitas :

ARU

Kelompok chondro ini mewakili varian warna alami yang ditemukan di pulau Aru Indonesia. Spesies ini berwarna kuning cerah dengan corak yang menarik. Saat dewasa akan berwarna hijau kebiruan dan terkadang disertai bintik-bintik berwarna putih.

Baby

Variasi Warna Fase Dewasa











BIAK

Kelompok chondro ini mewakili varian warna alami yang ditemukan di pulau Biak ndonesia. Ditandai dengan warna tubuh hijau pudar dengan pigmentasi warna kuning.

Baby

 Baby


Variasi Warna Fase Dewasa



KOFIAU

Ditemukan di Pulau Kofiau yang merupakan bagian dari Kepulauan Boo. Terletak di utara Pulau Misool di lepas pantai barat Papua. Menurut laporan, beberapa spesimen mempertahankan warna kuning sepanjang hidup mereka.

 Baby

Variasi Warna Fase Dewasa



MERAUKE

Chondro jenis ini ditemukan pedalaman dari kota Merauke sepanjang pantai Barat Selatan Papua Barat (sebelumnya Irian Jaya). Hampir sama dengan corak jenis Aru. Kebanyakan dari jenis ini memiliki tubuh hidup hijau cerah dengan garis bintik putih yang tersusun padat di sepanjang tulang belakang ular.

Baby

Variasi Warna Fase Dewasa



PAPUA NUGINI

Spesies ini berasal dari Papua Nugini. Sisi lain pulau itu dikenal sebagai Irian Jaya (sekarang Papua Barat) Indonesia. Karena angka kematian sangat tinggi spesies ini dibiakkan dengan persilangan. Terciptalah beberapa bentuk warna yang sangat luar biasa dari Chondro Papua nugini ini.

Baby

Variasi Warna Fase Dewasa



SORONG DAN JAYAPURA

Chondro ini adalah beberapa bentuk alami banyak ditemukan di Irian Jaya. Banyak bentuk dan variasi warna ditandai dengan warna hijau kebiruan pada tubuh mereka dengan garis vertebral yang menonjol berwarna biru. Bercak putih dan kuning terkadang juga ikut memberi variasi. Beberapa memiliki ekor berwarna terang, lainnya memiliki ekor gelap.

A

 Fase Baby

 Fase Remaja

Fase Dewasa



B

Fase Baby

 Fase Remaja

Fase Dewasa



C

 Baby

Baby

Variasi Warna Fase Dewasa



Sumber :


2 komentar:

  1. Saya punya satu tapi ragu, ini Aru apa Merauke, soalnya sama sama punya bintik hexagonal warna putih

    BalasHapus